Kemajuan zaman dengan berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikan negara Indonesia harus dapat beradaptasi agar tidak ketinggalan zaman, serta menginginkan adanya perubahan dari negara berkembang ke negara maju. Untuk mewujudkan harapan tersebut, dunia pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang mampu mengubah keadaan saat ini. Selaras dengan UU Sindiknas No. 20 Tahun 2003 menambahkan bahwa nasional merupakan proses dalam mempersiapkan generasi penerus yang berkarakter, tidak hanya cakap dalam keilmuannya saja melainkan juga harus memiliki nilai-nilai karakter yang mampu mengubah masa depan menjadi lebih baik. Selanjutnya,tujuan dari penelitian ini diharapkan bahwa dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi dalam proses pembelajarannya mampu memperkuat nilai karakter peserta didik, sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan artikel ini, yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Pada metode penulis ini mengumpulkan data yang telah didapat melalui kajian buku, artikel, serta karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menambahkan bahwa pembelajaran IPS di kelas tinggi mampu memperkuat nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik.Sehingga dengan disajikannya artikel ini mampu membantu para pendidik dalam proses pendidikan untuk membentuk nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan artikel ini, yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Pada metode penulis ini mengumpulkan data yang telah didapat melalui kajian buku, artikel, serta karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menambahkan bahwa pembelajaran IPS di kelas tinggi mampu memperkuat nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik.Sehingga dengan disajikannya artikel ini mampu membantu para pendidik dalam proses pendidikan untuk membentuk nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan nasional. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penyusunan artikel ini, yaitu dengan menggunakan metode kualitatif. Pada metode penulis ini mengumpulkan data yang telah didapat melalui kajian buku, artikel, serta karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menambahkan bahwa pembelajaran IPS di kelas tinggi mampu memperkuat nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik.Sehingga, dengan disajikannya artikel ini mampu membantu para pendidik dalam proses pendidikan untuk membentuk nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. Pada metode penulis ini mengumpulkan data yang telah didapat melalui kajian buku, artikel, serta karya ilmiah lainnya. Hasil dari penelitian ini menambahkan bahwa pembelajaran IPS di kelas tinggi mampu memperkuat nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Sehingga, dengan disajikannya artikel ini mampu membantu para pendidik dalam proses pendidikan untuk membentuk nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi. Pada metode penulis ini mengumpulkan data yang telah didapat melalui kajian buku, artikel, serta karya ilmiah lainnya.Hasil dari penelitian ini menambahkan bahwa pembelajaran IPS di kelas tinggi mampu memperkuat nilai-nilai karakter yang harus dimiliki oleh peserta didik. Sehingga dengan disajikannya artikel ini mampu membantu para pendidik dalam proses pendidikan untuk membentuk nilai-nilai karakter yang harus dikembangkan dalam pembelajaran IPS di kelas tinggi.
Copyrights © 2023