ATHENA: Journal of Social Culture and Society
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari 2023

Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Multimedia dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA PAB 4 Sampali

Nuanda Fauzi (Universitas Harapan Medan)
Muhammad Fauzan Azhmy (Universitas Harapan Medan)
Fajar Pasaribu (Universitas Harapan Medan)
Anggia Arif (Politeknik Cendana)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2023

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) PAB 4 Sampali merupakan sekolah menengah atas yang berada di Kabupaten Deli Serdang Sampali terus berupaya menciptakan lulusan pelajar yang terbaik di Deli Serdang. Bersaing dengan sekolah lain dalam menciptakan lulusan terampil dan berprestasi. Hasil observasi di SMA PAB 4 Sampali pada kelas XI jurusan IPA dan IPS diperoleh bahwa hasil belajar siswa belum maksimal. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai rapor Tengah Semester tahun pelajaran 2022/2023 yang masih jauh di bawah rata- rata yang ditetapkan Sekolah. Berdasarkan hasil observasi tidak tercapainya nilai rata-rata siswa pada standar yang ditetapkan diperkirakan pada saat proses pembelajaran siswa masih kurang memiliki rasa percaya diri. Hal ini terlihat dari tidak ada respon siswa untuk bertanya saat diperintahkan oleh guru. Saat pembelajaran, kerja sama antar siswa relative pasif yang berarti belum terbangun dengan baik. Kedisiplinan siswa juga masih kurang terlihat dari kebiasaan siswa datang terlambat ke sekolah dan ke dalam kelas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh penggunaan pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar, (2) Pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa. (3) Pengaruh penggunaan pembelajaran multimedia dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali. Sampel penelitian ini sebanyak tiga kelas yaitu 1 kelas jurusan IPA (n=30) dan 2 kelas jurusan IPS (n= 54). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan hasil penelitian sebagai berikut. Variabel pembelajaran multimedia dan kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Variabel pembelajaran multimedia merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

athena

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Athena: Journal of Social, Culture and Society is a peer-reviewed academic international journal that publishes original research on a wide range of topics related to social, cultural, and societal issues. Our goal is to provide a forum for scholars, researchers, and practitioners to share their ...