eProceedings of Engineering
Vol 3, No 2 (2016): Agustus, 2016

Implementasi Aplikasi Tour Guide Di Kebun Binatang Menggunakan Metode 3d Object Berbasis Android

Lail Nugraha Pratama (Telkom University)
R. Rumani M (Telkom University)
Anton Siswo Raharjo Ansori (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2016

Abstract

Kebun binatang merupakan salah satu tempat rekreasi yang dianggap mampu memberi kan hiburan dan pengetahuan tentang fauna kepada masyarakat. Seperti pada umumnya, kebun binatang menyajikan informasi mengenai fauna untuk melengkapi fungsi sebagai pendidikan kepada pengunjung. Agar penyampaian informasi fauna dapat disampaikan secara jelas dan interaktif. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan mengimplementasikan aplikasi mobile sebagai media penyampaian informasi berbasiskan sistem operasi android. Dengan menggunakan teknik SLAM (Simultaneous Localization dan Mapping) maka lingkungan dari kandang akan dipetakan ke dalam bentuk 3D, sehingga pengunjung dapat mengetahui informasi mengenai fauna hanya dengan mengarahkan kamera di smartphone android kearah lingkungan yang ada dalam kandang untuk menampilkan informasi hewan yang ada. Kata Kunci : Android, Aplikasi Mobile, Kebun Binatang, SLAM

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...