INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 8, No 2 (2020): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN

Indri Damayanti (Universitas Negeri Medan)
Sabani Sabani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi di MAN 3 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 25 soal berbentuk pilihan berganda yang telah divalidasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,03 dan kelas kontrol adalah 31,00 dan rata-rata postes kelas eksperimen adalah 88,80 dan kelas kontrol adalah 66,11. Hasil analisis data menggunakan uji t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran inquiry training menggunakan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pengukuran di kelas X MAN 3 Medan.Kata Kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Macromedia Flash, Pengukuran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...