INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 10, No 3 (2022): INPAFI

PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA

Silva Farrera Avista (Universitas Negeri Medan)
Sabani Sabani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, hasil pengujian kelayakan dan respon siswa terhadap instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model 4D (Define, Design, Development and Disseminate) yaitu pendefinisian, perancangan produk, pengembangan produk, uji coba skala kecil, revisi I, uji coba skala luas, revisi II dan penyebarluasan instrumen tes. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 7 Medan dengan subjek penelitian siswa-siswi kelas XI IPA 1 yang berjumlah 12 orang siswa untuk skala kecil dan 35 orang siswa untuk skala luas. Berdasarkan data yang diperoleh dari validitas isi menggunakan indeks validitas Aiken, diperoleh 11 soal dapat digunakan untuk uji coba. Uji coba skala kecil diperoleh 8 soal valid dan 3 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,90 kategori sangat tinggi, tingkat kesukaran 0,34-0,84 dan daya beda 0,15-0,36. Uji respon siswa terhadap instrumen tes berbasis pemecahan masalah diperoleh rata-rata sebesar 85% kategori sangat baik. Uji coba skala luas diperoleh 9 soal valid dan 2 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,79 kategori tinggi, tingkat kesukaran 0,29-0,81 dan daya beda 0,13-0,62. Uji respon siswa terhadap instrumen tes berbasis pemecahan masalah pada materi fluida dinamis diperoleh rata-rata sebesar 81% kategori sangat baik dengan respon positif. Kesimpulan dari keseluruhan hasil pengujian yaitu 9 soal diterima serta layak untuk digunakan dan 2 soal ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...