INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 8, No 3 (2020): INPAFI

PENINGKATAN AKTIVITAS UNTUK PENCAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING

Putri Astuti (Universitas Negeri Medan)
Rita Juliani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pencapaian hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Inquiry Training. Jenis penelitian adalah quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA Semester II SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian yaitu siswa kelas X MIA-3 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan dan tes hasil belajar berupa essay berjumlah 10 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya peningkatan aktivitas belajar berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa.Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Inquiry Training

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...