INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 9, No 1 (2021): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTU ANDROID TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SECANGGANG

Nur Setiana (Universitas Negeri Medan)
Ridwan Abdullah Sani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantu android dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Secanggang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Secanggang yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan  perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajran direct instruction berbantu android dan X-MIA2 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 70.93 dan kelas kontrol 48,23. Hasil penelitian diperoleh terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berbantu android pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 Secanggang.Kata Kunci: Pembelajaran Direct Instruction, Android, Quasi Experiment, Konvensional, Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...