INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 10, No 2 (2022): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II MAN 1 MEDAN T.P 2018/2019

Rini Afridamayanti Supomo (Universitas Negeri Medan)
Eva Marlina Ginting (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II MAN 1 Medan T.P. 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas kelas X semester genap MAN 1 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik cluster random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 44 siswa dengan model pembelajaran inquiry training dan X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif yakni tes pilihan berganda yang terdiri dari 15 item dan diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,79 dan kelas kontrol 55,91. Hasil penelitian diperoleh 7,006>1,6657. Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training dari pembelajaran konvensional pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X MAN 1 Medan T.P 2018/2019.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...