INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 7, No 1 (2019): INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA (INPAFI)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P 2017/2018

Rauli E Sitorus (Universitas Negeri Medan)
Eva Marlina Ginting (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok momentum dan impuls di Kelas X SMA Negeri 1 Stabat T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Stabat yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dan diberikan perlakuan yang berbeda, kelas X-MIA1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan X-MIA3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains yakni tes essay yang terdiri dari 10 item, lembar observasi aktivitas serta sikap. Uji hipotesis digunakan uji beda (uji t), uji prasyarat yang dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas maka berdasarkan hasil uji t dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi momentum dan impuls Kelas X Semester II SMA N 1 Stabat T.A. 2017/2018. Kata Kunci: inquiry training, keterampilan proses sains, momentum dan impuls

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...