INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 9, No 2 (2021): INPAFI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MENGGUNAKAN REAL LABORATORY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENGUKURAN DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2018/2019

Chalidazia Ananda Nasution (Universitas Negeri Medan)
Pintor Simamora (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching berbantuan real laboratory terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengukuran di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling terpilih kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil objektif sebanyak 20 soal. Di peroleh postes kelas eksperimen 72,5 dan kelas kontrol 51,3. Hasil pengujian menunjukkan (8,35) > (2,00).  Terdapat pengaruh model quantum teaching berbantuan real laboratory terhadap hasil belajar siswa pada materi Pengukuran.Kata Kunci: model pembelajaran quantum teaching, real laboratory, hasil belajar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...