INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 11, No 01 (2023): INPAFI

ANALISIS ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION (ARCS) FISIKA SISWA SMA

Rani Putri Septianti (Universitas Garut)
Resa Resta Pelani (Universitas Garut)
Reni Pakosmawati (Universitas Garut)
Asep Irvan Irvani (Universitas Garut)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika berdasarkan aspek Attention, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS). Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan angket dengan responden yang mengisi angket berjumlah 122 siswa. Perolehan data analisis kuantitatif secara keseluruhan menunjukkan siswa memiliki motivasi belajar fisika dengan kategori tinggi dan persentasenya sebesar 56.6 %. Rerata skor angket yang diperoleh menunjukkan motivasi belajar fisika siswa berada pada interval cukup tinggi dengan perolehan 36.25 %. Hasil penelitian terkait motivasi belajar fisika siswa berdasarkan aspek ARCS memperoleh data persentase untuk aspek atention adalah 54,3 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.68 (kategori cukup tinggi), aspek relevance memperoleh 65,4 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 10.47 (kategori tinggi), aspek confidence memperoleh 53,8 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.62 (kategori cukup tinggi), dan aspek satisfaction memperoleh 52,9 % (kategori tinggi) dan rerata skornya 8.46 (kategori cukup tinggi).Kata Kunci: ARCS, motivasi belajar, pembelajaran fisika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...