INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 8, No 2 (2020): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Sariana Sitanggang (Universitas Negeri Medan)
Karya Sinulingga (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X semester II pada materi pokok usaha dan energi di SMA N 10 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment  dengan desain two group pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol, yang masing – masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk essay test yang berjumlah 8 soal dan lembar observasi, yang masing – masing untuk mengukur sikap dan keterampilan siswa. Hasil nilai pretes diperoleh 30,98 dan postes 75,73. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh ada perbedaan yang signifikan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok usaha dan energi di Kelas X Semester II SMA N 10 Medan T.P 2017/2018.Kata Kunci: Inquiry Training, Hasil Belajar, Usaha Dan Energi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...