INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 10, No 3 (2022): INPAFI

INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Widia Ningsih (Universitas Negeri Medan)
Widya Arwita (Universitas Negeri Medan)
Aristo Hadinata (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan berpikir kreatif untuk pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah media pembelajaran yang valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada pada model ADDIE dengan tahapan Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Data penelitian ini diperoleh dengan mengujicobakan instrumen berupa tes uraian sebanyak 10 soal. Data validasi isi dihitung dengan I-CVI dinyatakan 10 soal valid. Reliabilitas instrumen 0,883 dengan kategori sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal dengan kategori sukar berjumlah 2 soal, kategori sedang berjumlah 6 soal, dan kategori mudah berjumlah 2 soal. Daya pembeda pada instrumen tes ini , 4 soal dengan kategori jelek, 5 soal dengan kategori cukup, 1 soal dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa instrumen tes yang telah dikembangkan sudah memenuhi kategori yang berkualitas, sehingga instrumen tes ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...