INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 9, No 4 (2021): INPAFI

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BESARAN DAN SATUAN DI SMA

Parningotan Situmorang (Universitas Negeri Medan)
Pintor Simamora (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan besaran dan satuan di SMA Swasta HKBP Hutabayuraja. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D ) menggunakan model pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik yang valid digunakan sebagai media pembelajaran, ditinjau dari validasi ahli materi dengan persentasi 91% dan ahli media sebesar 95%,  tingkat kepraktisan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan saintifik pokok bahasan Besaran dan Satuan di SMA yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. Respon siswa pada uji coba terbatas dengan melibatkan 6 responden memperoleh persentasi 86%, sedangkan pada uji coba luas dengan melibatkan 21 responden memperoleh persentasi 86% dan  respon guru melibatkan 1 responden memperoleh persentasi 98 % dengan masing masing persentasi termasuk dalam kriteria sangat praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...