Interaksi antara orang tua dan anak akan memberikan stimulasi yang baik sehingga anak merasakan adanya bimbingan , diperhatikan tumbuh kembang, serta menanamkan nilai-nilai positif , baik dalam tingkah laku maupun pengetahuan untuk berkembang dengan baik dimana adanya penguatan positif. oleh orang tua . Pembentukan karakter anak prasekolah mencerminkan karakter anak prasekolah tersebut diantaranya tentang kejujuran, kedisiplinan , keberanian serta perilaku atau kebiasaan yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter anak prasekolah dengan pola asuh orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasi dengan rancangan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian 100 responden anak TK di wilayah kecamatan Bubutan Surabaya . Uji statistik yang dipergunakan adalah Chi Square dengan tingkat kemaknaan p<0.05. Pengumpulan data menggunakan kuisioner untuk pola asuh orang tua dan Karakter anak dengan lembar observasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa pola asuh yang terbanyak demokratis 48 responden ( 48%) dengan karakter anak cukup sebanyak 67 responden ( 67%). Dari hasil uji statistic dengan menggunakan Chi Square menunjukan hasil p value 0.259 yang artinya tidak ada hubungan karakter anak prasekolah dengan pola asuh orang tua. Kesimpulan bahwa karakter anak tidak hanya ditinjau dari pola asuh orang tua tetapi bisa karena faktor keturunan, pendidikan maupun pengalaman serta lingkungan.
Copyrights © 2022