Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 1 No. 2 (2021): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 8 Subtema I Siswa Kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo

Marhamah Marhamah (Universitas Dharmas Indonesia)
Alchonity Harika Fitri (Universitas Dharmas Indonesia)
Faradilla Intan Sari (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih belum optimal. Proses pembelajaran hanya berpusat pada guru. Oleh karena itu hasil belajar siswa banyak yang di bawah KKM. Untuk itu, peneliti melakukan suatu penelitian menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS tema 8 subtema 1 siswa kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo.Jenis penelitian ini adalah pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 37/II Pasar Lubuk Landai. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Ajaran 2020/2021, disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan IPS kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Berdasarkan hasil uji paired samples t test diperoleh signifikansi 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS tema 8 subtema 1 siswa kelas IV SDN 37/II Pasar Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo. Berdasarkan penelitian, bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPS siswa. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat digunakan guru untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata siswa, menjadikan siswa aktif serta model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...