Jurnal Penelitian Chanos Chanos
Vol 18, No 1 (2020): Chanos chanos

PERAN UNIT PRAKTEK PEMASARAN “EDU MINAMART” DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA TARUNA PRODI AGRIBISNIS PERIKANAN POLITEKNIK KP SIDOARJO

Prayoto Prayoto (Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo)
Jefri Putri Nugraha (Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan rutin yang dilakukan Taruna di Unit Praktek Pemasaran “Edu Minamart”, dan perananan Unit tersebut dalam meningkatkan minat berwirausaha Taruna Prodi Agribisnis Perikanan Politeknik KP Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah Taruna Prodi Agribisnis Perikanan Tahun Akademik 2019/2020 yang berjumlah 81 Taruna (seluruh populasi). Uji validitas butir angket dilakukan dengan korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Kegiatan Taruna di “Edu Minamart” tidak hanya menjaga toko, dan tugas rutin menjaga kebersihan toko, tapi juga diberikan kewenangan untuk merencanakan jumlah dan jenis produk yang akan di stock di toko, mengikuti kegiatan pameran dan bazar, melayani pemesanan produk siap saji, serta pelayanan kunjungan; (2) Kegiatan yang dilakukan “Edu Minamart” tersebut cenderung berperan meningkatkan minat berwirausaha pada Taruna, yakni Taruna merasa kepercayaan dirinya dalam memulai usaha meningkat, terdorong untuk berkerja giat untuk mencapai hasil optimal, berani mengambil resiko atas keputusan usaha, mudah bergaul dan terbuka dalam bertukar pikiran sebagai wujud sikap kepemimpinan yang matang, menuangkan ide, kreativitas, dan inovasinya ke dalam gagasan usaha, dan memiliki pandangan ke masa depan, serta berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkannya.

Copyrights © 2020