Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada-tidaknya pengaruh penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon. Penelitian ini menggunakan tipe kuantitatif melalui rancangan pre-eksperimen “one group pretest-posttest design” dengan tujuh kelas VIII tahun ajaran 2021-2022 sebagai populasi 223 orang pada sampel 31 orang dengan kelas VIII-E berdasarkan “random sampling” secara acak dengan metode undian. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan partisipan dan test dengan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil temuan menjelaskan penerimaan hipotesis alternatif dengan nilai rata-rata posttest 75.32 dan hasil nilai dari pretest hanya sebesar 53.06 dengan nilai sig (2-tailed) = 0,023 < 0,05 yang diperoleh dari data variabel bebas 47.60% dan variabel terikat 53.40%, sehingga “ada pengaruh” penggunaan media video animasi pembelajaran IPA melalui materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Ambon.
Copyrights © 2023