JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 29, No 1 (2023)

IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MULTIKULTURALISME SOSIAL BUDAYA ANAK SEKOLAH DASAR

Sulistiawati , (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Pendidikan saat ini terus mengalami banyak perubahan dari segi perkembangan teknologi sering berjalannya waktu. Dalam pendidikan, pembelajaran dituntut untuk mengalami perubahan yang inovatif dan kreatif untuk daya tarik siswa dalam belajar. Tujuan penelitian adalah penggunaan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih interaktif, efektif dan menarik. Media pembelajaran interaktif menciptakan pembelajaran yang mana guru sebagai fasilitas untuk menyediakan pembelajaran dari bahan ajar, media dan lainnya. Pembelajaran interaktif untuk pembelajaran ilmu pengetahuan sosial sangat cocok digunakan untuk muatan pembelajaran multikulturalisme sosial budaya yang beragama dengan menyajikan materi dengan menggunakan media pembelajaran, agar siswa dapat mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, yang mana dengan menggunakan metode deskriptif serta model pembelajaran interaktif. Penggunaan metode deskriptif yakni bentuk penggambaran maupun analisis pada suatu penelitian untuk mendapatkan pengetahuan terhadap implementasi pembelajaran interaktif melalui pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk multikulturalisme sosial budaya di sekolah dasar. Keberagaman multikultural dari suku, bangsa, budaya, sosial, agama dan lainnya. Dengan pembelajaran ilmu pengetahuan sosial siswa akan diajarkan mengenai karakteristik yang baik antar sesama dengan adanya perbedaan serta toleransi yang baik dengan memanfaatkan media pembelajaran sebagai implementasi proses belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...