JURNAL PENELITIAN BIDANG PENDIDIKAN
Vol 29, No 1 (2023)

PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL ASSURE

Hikmah Salsyabila Aulia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tin Rustini (Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2023

Abstract

Pendidikan seringkali berlangsung di bawah bimbingan para pendidik; Namun, peserta didik juga dapat mendidik diri mereka sendiri. Pendidikan dapat berlangsung dalam pengaturan formal atau informal, dan setiap pengalaman yang memiliki efek formatif pada cara seseorang berpikir, merasa, atau bertindak dapat dianggap pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa sekolah dasar melalui penerapan model ASSURE. Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan kegiatan belajar mengajar dengan model ASSURE dan konvesional. Penelitian yang dilakukan dalam artikel ini merupakan penelitian kuantitatif dimana penelitian mengambil data dari sumber terpercaya yang sudah ada dan relevan. Simpulan dari penelitian ini adalah model ASSURE dapat meningkatkan kompetensi siswa dalam kegiatan belajar mengajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

penelitian

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal ini menerbitkan artikel asli tentang isu-isu terbaru dan tren yang terjadi secara Nasional dalam kurikulum, instruksi, pembelajaran, kebijakan, dan persiapan Peneliti dengan tujuan untuk memajukan pengetahuan tentang teori dan praktik pendidikan. Selain artikel asli, jurnal memiliki bagian ...