Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 1 (2023): VOL 3 NO 1 2023

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BENTUK ALJABAR DENGAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA COVID-19

PUJI RAHMAWATI (STKIP MELAWI)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Abstrak: Pada masa covid-19 sekolah menerapkan proses pembelajaran dengan metode pembelajaran jarak jauh. Dalam pelajaran matematika kemampuan pemecahan masalah merupakan hal yang penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa selama menggunakan metode pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dimana pengumpulan data-datanya dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemanpuan siswa dalam memahami masalah berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak dapat menulis hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal. Kemampuan tahap membuat rencana berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak membuat rencana apapun untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan tahap melaksanakan pemecahan berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak melakukan perhitungan. Kemampuan siswa pada tahap memeriksa kembali berada pada kriteria kurang sekali karena siswa tidak melakukan pengkajian kembali terhadap setiap langkah pemecahan masalah dan tidak dapat menyimpulkan hasil yang diperoleh. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Pembelajaran Jarak Jauh, Covid-19.   Abstract : The background of this research was during the Covid-19 period, schools implemented a learning process using distance learning methods. The ability that must be possessed by students in mathematics is problem solving ability. The purpose of this study was to determine the problem solving skills possessed by students while using the distance learning method. This research uses a descriptive qualitative method where the data collection is done by tests and documentation. The subjects in this study showed that students' ability to understand the problem was at very low criteria because students could not write down what was known and what was asked of the questions. The ability to make plans is at very low criteria because students do not make any plans to solve problems. The ability to carry out the solving stage is at very low criteria because students do not do calculations. The ability of students at the re-examining stage was at very low criteria because students did not review each step of problem solving and could not conclude the results obtained. Keywords: Problem Solving Ability, Distance Learning Methods, Covid-19.           

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...