Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 16, No 1 (2023): April - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN MIND MAP DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD

Chairia Ulfa Siagian (Universitas Terbuka)
Efendi Napitupulu (Universitas Negeri Medan)
Ucu Rahayu (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar rendah dan minat belajar tinggi serta interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa yang di ajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map dan pembelajaran group investigasi concept map .Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V semester ganjil SDN Sei kamah II Tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 120 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling .Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar dan lembar observasi minat belajar siswa.Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki minat belajar rendah dan minat belajar tinggi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map di bandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigasi concept map  dan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe group invrestigation menggunakan Mind Map dan tingkat minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata Kunci : Group Investigation, Mind Map, minat belajar, hasil belajar Abstrak: This study aims to identify the learning outcomes of students who have low learning interest and high learning interest as well as the interaction between learning models and students' interest levels in influencing students' science learning outcomes who are taught with Group Investigation type cooperative learning models using Mind Maps and concept mapping learning. This research is a quasi-experimental research. The population of this research is all students of class V odd semester of Sei Kamah II Elementary School in the academic year 2021/2022 which consists of 4 classes totaling 120 people. Sampling was done by cluster random sampling. The instruments used consisted of learning outcomes tests and student learning interest observation sheets. The data in this study were analyzed using two-way ANAVA. The results showed that there were differences in science learning outcomes between students who had low interest in learning and high interest in learning who used the Group Investigation cooperative learning model using a Mind Map compared to students who used the concept mapping  learning model and there was an interaction between the Group Investigation learning model using a Mind Map. and the level of interest in learning in influencing student learning outcomes. Keyword: Group Investigation, Mind Map, Interest, and Learning Outcomes.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...