Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan materi pembelajaran IPS dengan mengintegrasikan nilai-nilai sosial kearifan lokal Gusjigang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa studi lapangan pada SMP dan MTs kemudian dianalisis data yang diperoleh secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang lebih mengutamakan orientasi lingkungan sosial penting. Nilai-nilai kearifan lokal “Gusjigang” dapat dimanfaatkan untuk memperkaya materi sebagai pengembangan topik atau tema. Pengembangan pembelajaran IPS yang berbasis nilai kearifan lokal, diantaranya; 1) proses penentuan topik atau tema; 2) menetapkan judul dari tema; 3) pemilihan serta analisis komponen silabus; 4) menyusun rancangan pembelajaran tematik dengan memadukan beberapa tema materi berdasarkan kompetensi dasar yang relevan.Social values of Gusjigang as Social Studies learning resourcesThis study aims to describe the preparation of Ethno pedagogy-based social studies learning materials by integrating social values of local wisdom "Gusjigang". The research method used is qualitative. Data collection techniques used in the form of field studies in SMP and MTs then analyzed the data obtained descriptively. The results show that learning that prioritizes social environment orientation is essential. The values of local wisdom, "Gusjigang", can enrich the material as a topic or theme development. Development of social studies learning based on local wisdom values, including 1) the process of determining the topic or theme; 2) setting the title of the theme; 3) selection and analysis of syllabus components; 4) developing thematic learning plans by combining several material themes based on relevant essential competencies.
Copyrights © 2023