NUMBERS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari - Maret

Analisis Miskonsepsi Geometri Pada Siswa Kelas Viii Di SMP Negeri 1 Anjongan

Rohmah Pila Khoriyani (Unknown)
Lukman Nurhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

Peringkat PISA Indonesia untuk kategori matematika pada tahun 2018 berada pada urutan 73 dari 79 negara. Kemudian Indonesia berada pada urutan 44 dari 49 negara pada TIMSS tahun 2015, dan Indonesia tidak berpartisipasi untuk TIMSS terbaru pada tahun 2019. Pada materi koordinat kartesius diperoleh rata-rata nilai 29 siswa sebesar 67,5 dari skor maksimal 100. Jika dilihat dari KKM yang ditetapkan sebesar 76, maka rata-rata nilai ini masih berada di bawah ketuntasan klasikal. Ditemukan bahwa Miskonsepsi yang ditemukan pada jawaban siswa pada masing-masing soal terjadi satu miskonsepsi, yaitu pada materi koordinat kartesius, persamaan garis lurus, lingkaran dan bangun ruang. Sedangkan pada materi teorema phytagoras tidak ditemukan adanya miskonsepsi, penyebab terjadinya miskonsepsi siswa dikarenakan pembelajaran yang berlangsung seringkali hanya berupa hafalan rumus, dan rendahnya kemampuan spasial siswa dan untuk mengatasi terjadinya miskonsepsi perlu dikuasainya materi prasyarat, hindari pembelajaran yang berupa hafalan serta berikan pengalaman belajar siswa untuk membangun konsep dengan utuh melalui pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Physics Other

Description

Numbers (Jurnal Pendidikan Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam) is an-Opened Access journal which contains the results of research and literature studies and published four times a year every January, April, July, November. It publishes the research (no longer than 5 years after the draft proposed) ...