Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam mengenai implementasi kepemimpinan dalam meningkatkan prestasi siswa di SMA Negeri 3 Prabumulih. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari kepala sekolah, guru dan komite sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi kepala sekolah sebagai Edukator, Manajer, Advisor, Supervisor, Leader, Inovator, dan Motivator. Prestasi siswa SMA Negeri 3 Prabumulih dapat dibuktikan dengan prestasi siswa yang diperoleh dibidang akademik dimana peserta didik mampu melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi Kedinasan, Universitas Negeri, Politeknik maupun Universitas Swasta. Prestasi bidang non akademik juga mampu memperoleh prestasinya baik ditingkat kota, provinsi maupun nasional.
Copyrights © 2023