JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 4 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Kompetensi Profesional Guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Al-Qur’an

Qomariyah, Siti (Unknown)
Cahyadi, Wendy Asswan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia masih rendah, bahkan termasuk memprihatinkan. Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia bisa disebabkan sarana prasana yang kurang baik dan kompetensi guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kompetensi  Profesional guru dalam Pendidikan Islam Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan metode deskriptis analisis kualitatif. Peneliti mendeskripsikan Kompetensi Profesional Guru dalam Pendidikan Islam, kemudian menganalisisnya secara rinci dan mendalam dengan Perspektif Tafsir Al-Qur’an. Yaitu kitab Tanwir Miqbas Min Tafsir Ibn Abbas, Tafsir Jalalain, Tafsir al Qur’an al Azim. Imam Ali Ash Shabuni, Mukhtashar Ibn Katsir. Hasil penelitian: (1) Sumber ilmu dalam Islam; (2) Akal dan Intuisi Berlandasan Ajaran Islam sebagai Sumber Ilmu; (3) Orang yang berilmu dalam Islam; (4) Keutamaan Ilmu dan Ilmu sebagai Amal Jariyah; (5) Menguasai Mata Pelajaran yang Diampu; (6) Menguasai Ilmu-Ilmu Islam; (7) Menguasai Sains dan Teknologi atau Ilmu Kehidupan (Ilmu Pengetahuan Umum); (8) Menguasai Beberapa Disiplin Ilmu; (9) Menguasai Teknologi Informasi; (10) Mengembangkan Materi; (11) Fokus pada Tujuan Pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...