JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN
Vol. 1 No. 1 (2022): JURNAL KOMUNITAS SAINS MANAJEMEN

Peran Mediasi Motivasi dan Kompetensi pada Hubungan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Para Guru

Rosnah (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dengan tujuan untuk mengetahui peran mediasi motivasi dan kompetensi pada hubungan sertifikasi guru terhadap kinerja para guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi penelitian yang dilakukan peneliti adalah guru dilingkungan SMPN di Kabupaten Indragiri. Jumlah populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis verifikatif, sebagai alat analisis digunakan Structural Equational Model yang diproses dengan software SmartPLS2. Hasil analisis membuktikan bahwa Sertifikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Kompetensi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi secara tidak langsung melalui kompetensi sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Indragiri Hilir, Sertifikasi secara tidak langsung melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru pada Guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

The journal will focus on research and theory in all topics associated with organizational studies within and across the individual, group, and organizational levels of analysis, including: At the individual level, such as personality, perception, beliefs, attitudes, values, motivation, career ...