Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi community relations sebagai strategi CSR PT Petrokimia Gresik. Metode penelitian ini ialah metode pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menerangkan bahwa community relations sebagai strategi CSR PT Petrokimia Gresik menunjukkan implementasi strategi pada tahapan finding the fact and defining the problem, planning and programming, action and communication, hingga evaluation  telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan strategi public relations yang ditunjukkan dengan segala program dan kegiatan yang diadakan oleh tim PT Petrokima Gresik menuai beragam respon dari publik, bahkan meraih berbagai macam penghargaan bergengsi. Upaya yang dilakukan oleh tim PT Petrokimia Gresik guna membangun community relations, meliputi menangani tipe masyarakat yang mendahulukan kepentingannya sendiri dan golongan dengan memetakan kekuatan. Kemudian melaksanakan proses perencanaan dengan mempertimbangkan secara komprehensif berbagai risiko dari setiap aspek serta melibatkan pihak eksternal terutama masyarakat yang menjadi kelompok sasaran program dalam mengukur keberhasilan program CSR.
Copyrights © 2023