Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis tegak pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris dalam pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis noneequivalent control group design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 60 orang yang terdiri kelas IA 30 orang dan kelas IB 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, studi dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada kegiatan pretest sebelum diberikan perlakuan dan kemampuan akhir siswa pada kegiatan postest setelah diberikan perlakuan. Sedangkan instrumen lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris lebih berpengaruh dibandingkan hasil kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data dari kedua kelas tersebut maka terdapat perbedaan dua rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Copyrights © 2023