JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pemanfaatan Media: Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Papan Bergaris terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Sekolah Dasar

Yoesrina Novia Vini Syafitri (STKIP Bina Mutiara Sukabumi)
Suciati Nur Apriyanti (Universitas Islam Al-Ihya Kuningan)
Aan Yuliyanto (STKIP Pangeran Dharma Kusuma)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis tegak pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris dalam pembelajaran menulis tegak bersambung siswa kelas I sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis noneequivalent control group design. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 60 orang yang terdiri kelas IA 30 orang dan kelas IB 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, lembar observasi, studi dokumentasi. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa pada kegiatan pretest sebelum diberikan perlakuan dan kemampuan akhir siswa pada kegiatan postest setelah diberikan perlakuan. Sedangkan instrumen lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dengan menerapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media papan bergaris lebih berpengaruh dibandingkan hasil kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data dari kedua kelas tersebut maka terdapat perbedaan dua rerata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...