Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Desain Didaktis Materi Limit Fungsi Aljabar pada Pembelajaran Matematika SMA

Aprilyanti Mega Ria (Universitas PGRI Palembang)
Lusiana Lusiana (Universitas PGRI Palembang)
Nyiayu Fahriza Fuadiah (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kesulitan siswa dalam menyelesaikan limit fungsi aljabar. Hal ini juga didukung dari hasil wawancara dan analisis dari buku teksdimana didapat, penyebab kesulitan ini terjadi dikarenakan siswa belum sepenuhnya memahami konsep limit fungsi aljabar dan terdapat kesalahan pada bahan ajarnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mendesain pembelajaran pada materi limit fungsi aljabar sehingga mampu mengatasi Learning Obstacle yang terjadi pada siswa kelas XI SMA PGRI 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Didactical Design Research (DDR) yang mencakup tiga tahapan, yaitu analisis prosfektif, metapedadidaktik dan retrosfektif. Berdasarkan hasil analisis prosfektif ditemukannya LO pada siswa yaitu siswa sulit memahami definisi limit fungsi aljabar, tidak dapat menganalisis masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar, tidak dapat menentukan nilai limit disuatu titik, serta tidak dapat menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar. Berdasarkan hasil temuan LO tersebut maka disusunlah Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang kemudian dirancang desain didaktis pada materi limit fungsi aljabar. Selanjutnya pada tahap metapedadidaktik tersebut peneliti mengimplementasikan desain didaktis yang telah dirancang dan melakukan tes identifikasi akhir kepada siswa. Tahap terakhir retrosfektif yaitupeneliti melakukan analisis terhadap hasil tes identifikasi akhir, dimana hasil tes identifikasi akhir tersebut mengalami penurunan sehingga dapat disimpulkan dengan penerapan desain didaktis tersebut maka dapat meminimalisir atau mengatasi hambatan yang terjadi pada siswa pada materi limit fungsi aljabar. Selain itu, desain didaktis mampu membuat siswa lebih aktif dan menjadi antusias saat belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...