Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 2 (April 2023)

Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Implementasi Dasar

Diana Hanafiah (Unknown)
Badruli Martati (Universitas Muhammadiyah Surabaya)
Lilik Binti Mirnawati (Universitas Muhammadiyah Surabaya)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian karakter gotong royong pada saat pembelajaran pendidikan pancasila. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian guru kelas IV A, kepala sekolah dan siswa kelas IV A di SD Muhammadiyah 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Triangulasi teknik di dapatkan dari hasil observasi siswa dan dokumentasi, sedangkan triangulasi sumber di dapatkan dari hasil wawancara kepala sekolah dan guru kelas, serta dokumentasi berupa gambar. Hasil penelitian ini menyatakan, implementasi karakter gotong royong sudah ada beberapa indikator telah terpenuhi di dalam kelas IV A yaitu tolong-menolong, solidaritas dan menghargai, akan tetapi masih terdapat indikator lain yang belumĀ  di terapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter gotong royong pada mata pelajaran pendidikan Karakter ini dapat dijadikan sebagai modal siswa di lingkungan sekitarnya, karena gotong royong sendiri merupakan kegiatan sosial yang sering dilakukan di tengah kehidupan masyarakat.Kata Kunci : Nilai Karakter, Pendidikan Pancasila, Gotong Royong

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...