Jurnal Elementaria Edukasia
Vol 6, No 1 (2023): Maret

Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi PANILA Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Nilai Pancasila Siswa Kelas V

Fitriyani Fitriyani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Aah Ahmad Syahid (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Rendahnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi pada bidang pendidikan di jenjang sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran PKN mengakibatan proses pembelajaran yang dilakukan kurang relevan dengan perkembangan zaman, mengingat siswa saat ini merupakan generasi alpha. Perlunya inovasi dalam pengembangan media pembelajaran PKN untuk mengoptimalkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian untuk menganalisis media pembelajaran aplikasi PANILA serta menguji efektivitas penggunaan aplikasi PANILA dalam meningkatkan pemahaman nilai Pancasila siswa kelas V SD. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan R&D dengan model yang dipergunakan berupa ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validator ahli materi, media dan siswa kelas V SD yang berjumlah 39 sebagai subjek. Kuesioner dan tes digunakan sebagai teknik mengumpulkan data, kuesioner diperuntukan untuk validator ahli materi dan media, sedangkan tes diperuntukan untuk siswa melalui desain one group pre-test post-test. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis data validasi ahli materi 83,92% dan media 92,85% serta efektivitas penggunaan aplikasi PANILA berdasarkan hasil tes yang telah diujikan mendapat signifikansi 0,000 ≤ 0,05 yang menunjukan ada perbedaan hasil pre-test dan post-test. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil analisis data bahwa media aplikasi PANILA layak digunakan sebagai media pembelajaran di SD dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas V pada materi nilai Pancasila.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jee

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Elementaria Edukasia is Indonesian Journal of Elementary Education. This Journal is published by Elementary Teacher Education Program, Majalengka University, twice a year in April and October. This Journal have been registered number p-ISSN 2615-4625 (Print) and e-ISSN 2655-0857 (Online). ...