VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 14, No 1 (2023): APRIL

RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA DI MASA PANDEMI COVID 19

Abdullah Syifa (IAIN Pontianak)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

ABSTRAKResiliensi akademik sangat dibutuhkan di mata kuliah tersebut. Hal ini dikarenakan mata kuliah statistika momok tersendiri bagi mahasiswa, terlebih dibutuhkan kemampuan matematis yang baik untuk memahaminya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengukur tingkat resiliensi akademik mahasiswa selama pembelajaran online statistika dimasa pandemi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data numerik, dan peneliti melakukan analisis statistika secara deskriptif tanpa melakukan pembuktian hipotesis. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 60 mahasiswa, yang dipilih melalui total sampling. Hasil penelitian ini adalah mahasiswa memiliki kategori sedang pada resiliensi akademik aspek penyesuaian diri (50%), aspek ketangguhan (43,33%), dan aspek pemecahan masalah (45%). Aspek kecerdasan menghadapi kesulitan mahasiswa memiliki kategori rendah (45%). Secara keseluruhan resiliensi akademik mahasiswa pada pembelajaran online statistika dimasa pandemi berkategori sedang (43,3%). Peningkatan resiliensi akademik dapat dilakukan melalui upaya internal dan eksternal. Upaya internalnya dengan menunjukkan posisi resiliensi akademik. Upaya eksternalnya dengan memotivasi mahasiswa oleh pihak luar untuk meningkatkan resiliensi akademik.Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Kuliah Online StatitikaABSTRACTAcademic resilience is needed in this course. This is because the statistics course is a specter for students, moreover good mathematical skills are needed to understand it. The purpose of this study was to measure the level of student academic resilience during online statistics learning during a pandemic. The data collected in this research is numerical data, and the researcher performs statistical analysis descriptively without proving the hypothesis. The number of samples used was 60 students, selected through total sampling. The results of this study were that students were in the moderate category in terms of academic resilience in aspects of self-adjustment (50%), aspects of toughness (43.33%), and aspects of problem solving (45%). The aspect of intelligence in dealing with students' difficulties has a low category (45%). Overall, student academic resilience in online statistics learning during the pandemic was in the moderate category (43.3%). Increasing academic resilience can be done through internal and external efforts. Internal efforts by demonstrating a position of academic resilience. External efforts by motivating students by outsiders to increase academic resilience.Keywords : Academic Resilience, Statistics Online Course

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...