Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 13, No 1 (2023): April

Implementasi Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Dengan Metode Bermain Peran Pada Mata Kuliah Pengembangan Materi IPS Untuk Penguatan Ranah Afektif Mahasiswa

Wira Fimansyah (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan kelebihan dari Model VCT (Value clarification technique) yang dipadukan dengan metode bermain peran sehingga berguna untuk penguatan ranah afektif mahasiswa. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan model interaktif Miles & Huberman dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Temuan menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran VCT (Value clarification technique) yang dipadukan dengan metode bermain peran efektif dalam memberikan penguatan terhadap ranah afektif mahasiswa. Dengan beberapa kelebihan yakni  dapat memberikan kesadaran akan nilai dan norma social yang berkembang dalam masyarakat, mahasiswa jadi lebih berani mengambil keputusan jika dihadapkan dalam situasi tertentu sehingga bisa menjadi problem solver, mahasiswa merasa jauh lebih kreatif dan inovatif, dapat meningkatkan kerjasama antar anggota kelompok sehingga solidaritas mereka meningkat, mahasiswa juga bisa memilih nilai mana yang paling tepat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari setelah diperkuat dengan penampilan sosiodrama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...