Phinisi Integration Review
Volume 6 Nomor 1 Tahun 2023

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MA DDI ALLIRITENGAE MAROS

Rosmiati Anas (Universitas Negeri Makassar)
Andi Agustang (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Syukur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

The leadership skills of a school principal are very significant in increasing the motivation of teachers. The professional competence of teachers is one of the strategies to increase the quality of education. The purpose of this study was to determine the efforts made by principals to improve the professional competence of teachers at MA DDI Aliritengae Maros. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data was collected through interviews, observation and documentation. Subjects were the principal, deputy principal, head of KKG and teachers at MA DDI Aliritengae Maros. The results showed that: (1) the principal’s policy process to improve the competence of teachers at MA DDI Aliritengae Maros can be said to be good, the principal in improving teacher competence gave permission to teachers to continue their study, conducted trainings, provided teaching materials in accordance with applicable curriculum; (2) The strategies of the principal in improving the professional competence of teachers at MA DDI Aliritengae Maros were good because every teacher is obliged to make a set of learning devides according to the latest curriculum, to adjust to the teacher’s book, and to make a schedule of supervision; (3) There were constraints faced by principals in improving the professional competence of teacher at MA DDI Aliritengae Maros, namely the division of duties to teachers was uneven, and teachers were reluctant to express their desire and weaknesses in learning. Kemampuan seorang kepala sekolah dalam memimpin berpengaruh dalam meningkatkan motivasi kerja guru. Kompetensi profesional guru merupakan  strategi meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui upaya- upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pada MA DDI Aliritengae Maros. Penelitian ini menggunakan  pendekatan  kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah  Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, ketua KKG dan guru di MA DDI Aliritengae Maros. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses kebijakan kepala sekolah dalam  meningkatkan kompetensi guru pada MA DDI Aliritengae Maros sudah dikatakan baik, kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu memberi  izin kepada guru untuk melanjutkan kuliah, mengadakan  pelatihan, menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku; (2) Strategi kepala sekolah dalam  meningkatkan kompetensi profesional guru pada MA DDI Aliritengae Maros yaitu sudah baik karena setiap guru wajib membuat perangkap pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang terbaru, menyesuaikan buku pengangan guru, membuat jadwal supervisi; (3) Kendala-kendala yang dihadapi  kepala sekolah dalam  meningkatkan kompetensi profesional guru pada MA DDI Aliritengae Maros yaitu pembagian tugas kepada guru kurang merata, guru tidak berani mengemukakan keinginan serta kekurangannya dalam pembelajaran. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...