JURNAL INOVASI EDUKASI
Vol. 1 No. 2 (2018): JURNAL INOVASI EDUKASI

Keefektifan Dart Aksara Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa

Ela Suryani (Universitas Ngudi Waluyo)
Syifa Fauziah (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2018

Abstract

Berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar dalam mata pelajaran matematika yang harus dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu, siswa SD harus memiliki kemampuan berhitung yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media dart aksara dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode posttest-only control design. Populasi dari peneitian ini adalah siswa kelas 1 SD di kecamatan Bergas dengan sampel penelitian adalah siswa kelas 1 SDN Wujil 01 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 1 SDN Wujil 02 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan random sampling. Hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikasi < 0.05 (0.000 < 0.05) maka terdapat perbedaan kemampuan berhitung menggunakan media dart aksara dan media powerpoint. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 82.56 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 74. Dengan demikian, penggunaan dart aksara lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa SD dibandingkan menggunakan media powerpoint.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INOVASI EDUKASI Merupakan Jurnal Ilmiah yang memiliki fokus bidang Pendidikan sebagai wadah bagi peneliti untuk menuangkan hasil penelitiannya secara konseptual. terbit dua kali dalam setahun yakni bulan Februari dan ...