ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 7, No 1 (2023)

PENERAPAN METODE MURAJA’AH SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAH PENDEK DI SEKOLAH DASAR

Eka Danik Prahastiwi (institut studi islam muhammadiyah pacitan)
Dedi Dwi Cahyono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Gandung Adhi Wibawa (STKIP PGRI Pacitan)
Septyana Tentiasih (institut studi islam muhammadiyah pacitan)
Rudi Ruhardi (institut studi islam muhammadiyah pacitan)
Ismail Ismail (Institut Studi islam Muhammadiyah pacitan)
Kabul Suprayitno (Institut Studi islam Muhammadiyah Pacitan)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Al-Qur’an merupakan pedoman hidup manusia yang harus dipelajari dan difahami oleh seluruh umat muslim di muka bumi. Mereka yang bisa menghafalkan Al-Qur’an  akan mendapatkan kemuliaan didunia maupun di akhirat. Usia sekolah dasar merupakan waktu yang tepat untuk mengajarkan peserta didik menghafalkan Al-Qur’an  mulai dari surat-surah pendek. SD IIC merupakan sekolah Islam yang terletak di Kabupaten Pacitan yang menerapkan  metode muroja’ah untuk membantu peserta didik menghafalkan surah surah pendek dalam Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif . Pengumpulan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode muraja’ah membantu peserta didik mencapai target hafalan yang telah diprogramkan oleh sekolah, membantu peserta didik menghafalkan Al-Qur’an dengan baik, dan benar sesuai makhraj dan tajwidnya. Setelah diterapkannya metode muroja’ah hafalan peserta didik menjadi lancar fashih, tartil dan mampu menambah hafalan surah pendek dengan cepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...