TARBIYATUNA
Vol. 16 No. 1 (2023): FEBRUARI

Pondok Pesantren dan Kontruksi Pemikiran Pendidikan K.H. Imam Zarkasyi

Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi (Universitas Sunan Giri Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

K.H. Imam Zarkasyi memberikan bukti keberhasilan pendidikan pondok pesantren, yaitu; Hasil pendidikannya yang bersifat keilmuan dan kerohanian itu berupa bekal mental yang akan dijadikan modal untuk hidup, dan dengan modal kerohanian dan mental yang kuat, yang diperoleh selama pendidikan di madrasah dan pondok pesantren. Artikel ini bertujuan untuk mengenalkan kehidupan Pondok Pesantren, Pesantren sebagai lembaga pendidikan, Pesantren dalam pembaruan, serta Pondok pesantren dan sekolah umum. Metode yang digunakan dalam jurnal ini adalah metode penelitian kepustakaan (Library Research). Data telah dilakukan finalisasi, dan kondisi data yang diambil tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, dengan menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren telah mengambil selangkah lebih berani (kalau tidak dikatakan lebih maju) dengan memperke­nalkan sekolah umum yang terlepas dari madrasah. Oleh karena itu bebarapa pesantren telah memiliki lembaga pendidikan yang sangat besar. Simpulan dari artikel ini Pondok Pesantren ternyata telah memberlakukan bebera­pa strategi penggabungan sistem pesantren dengan sekolah umum (model barat), dengan selalu mempertimbangkan kondisi objektif pesantren, tujuan institusional dan arah pendidi­kannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbiyatuna adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel tentang pendidikan Islam, pendidikan Agama Islam dan bahkan manajemen Pendidikan Islam. Dimaksudkan sebagai wahana pemikiran kritis dan terbuka bagi semua kalangan baik akademisi, agamawan, intelektual, mahasiswa dengan spesifikasi kajian ...