Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Team Quiz Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP 3 Kabupaten Pringsewu

Leni Anggraeni (Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara)
Noca Yolanda Sari (Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara)
Novita Andriyani (Sistem Informasi Institut Bakti Nusantara)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) adakah pengaruh pembelajaran menggunakan Time Quiz belajar akan lebih bermakna (2) Untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran Team Quiz dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII A SMP 3 Kabupaten Pringsewu.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan Model pembelajaran Team Quiz pada pembelajaran Bahasa Indonesia aktivitas siswa meningkat yaitu dari rata-rata skor 12 (Cukup) pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 14,5 (Baik). Serta dengan pengujian peningkatan prestasi belajar dengan menggunakan uji tes“t” menunjukan dengan demikian t adalah jauh lebih besar dari nilai post tes siklus I dengan nilai post tes siklus II terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan, Dengan demikian, penerapan Model pembelajaran Team Quiz di SMP 3 model Time Quiz sebagai salah satu alternatif dari pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...