Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1b (2023): April

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas X TITL Dalam Menyelesaikan Soal Materi Operasi Matriks di SMKN 2 Gerung Tahun Ajaran 2022/2023

I Nyoman Gandi Sudarsana (Universitas Mataram)
Nyoman Sridana (Universitas Mataram)
Ulfa Lu’luilmaknun (Universitas Mataram)
Baidowi Baidowi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Kesulitan belajar adalah suatu gangguan kondisi yang terjadinya pada siswa yang menyimpang antara kemampuan yang dimiliki dengan prestasi yang ditujukkan pada tiga akademik dasar seperti membaca, menulis, dan berhitung. Tujuan penelitaian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar Siswa Kelas X TITL dalam menyelesaikan soal materi operasi matriks di SMKN 2 Gerung tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian adalah metode kualitatif. Banyak subjek penelitian ini adalah 6 siswa yang telah direduksi menjadi 3 kategori yaitu, tingkat kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrument yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami subjek dengan kategori tinggi ialah kesulitan membaca dan menulis dengan faktor internal meliputi labilnya kondisi yang dipengaruhi lingkungan sosial kurang baik sedangkan faktor eksternal meliputi media masa, lingkungan sosial, dan ekonomi keluarga;  kesulitan belajar yang dialami subjek dengan kategori sedang ialah kesulitan membaca dan kesulitan menulis dengan faktor internal diantaranya kecerdasan siswa, motivasi siswa, dan minat siswa sedangkan faktor eksternal diantaranya metode guru dalam mengajar, sarana dan prasarana sekolah; dan kesulitan belajar yang dialami subjek dengan kategori rendah ialah kesulitan membaca, menulis dan menghitung dengan faktor internal meliputi tidak adanya bakat dan minat dalam matematika, serta kurang motivasi dalam belajar matematika. Sedangkan faktor eksternal meliputi orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan anaknya, lingkungan bergaul kurang tepat, hubungan siswa dengan guru kurang baik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya kesulitan belajar yang dialami oleh siswa yang dipengaruhi faktor-faktor kesulitan belajar yang meliputi dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...