Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan

Maria Helmi Lumban Gaol (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Hotmaida Simanjuntak (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Kondios Mei Darlin (Universitas HKBP Nommensen Medan)
Fenty Debora Napitupulu (Universitas HKBP Nommensen Medan)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pollung. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Menurut sugiono (2017) bahwa metode kuantitatif adalah penelitian yang ada penelitiannya berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Karena penelitian ini berbentuk deskriftif kuantitatif, maka penulis hanya menggambarkan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah post tes. Semua anggota mempunyai kesempatan yang sama menjadi sampel penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan meningkatnya hasil belajar murid pada mata pelajaran PPKn. Hal ini dibutikan dengan rata-rata kelas eksperimen yaitu 76,5 dan kelas control 67,13. Persentase ketuntasan murid pada kelas eksperimen menunjukkan 76,66% yang lebih besar dari kelas control dengan persentase 50%. Hal ini menunjukkan keberhasilan pembelajaran pada kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...