Integral : Pendidikan Matematika
Vol 13 No 1 (2022): INTEGRAL

IMPLEMENTASI LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI ATURAN SINUS KELAS XI DI SMK KARTIKA XIX-3 KOTA CIREBON

Eko Iryanto (SMK Kartika XIX-3 KotaCirebon)
Titi Rohaeti (Universitas Muhammadiyah Cirebon)
sumliyah sumliyah (Universitas Muhammadiyah Cirebon)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2022

Abstract

Abstract This study aims to explain the implementation of Lesson Study in learning the sine rule in class XI. Lesson Study is a system that has long been implemented and developed in Japan. Lesson study is not a learning method or strategy, but a lesson study activity that can apply various learning methods or strategies that are appropriate to the situation, conditions, and problems faced by the teacher. This research is related to the 2013 learning curriculum and determines the context of the learning content with the Problem-Based learning model. The method used is descriptive. This research was conducted on students of class XI at SMK Kartika XIX-3 Cirebon City. The activities in this study consisted of four stages; Plan, Do, See and Redesign. The results of this study indicate that learning with Lesson Study can help students understand the concept of the sine rule. Keywords: Lesson study, Mathematics, Sine Rule Abstrak Penelitian ini bertujuan menjelaskan implementasi Lesson Study dalam pembelajaran aturan sinus di kelas XI. Lesson Study adalah sistem yang telah lama diterapkan dan dikembangkan di Jepang. Lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran, tetapi kegiatan lesson study yang dapat menerapkan berbagai metode atau strategi pembelajaran yang tepat dengan situasi, kondisi, dan masalah yang dihadapi guru. Penelitian ini terkait dengan kurikulum pembelajaran 2013 dan menentukan konteks pada konten pembelajaran dengan model pembelajaran Berbasis Masalah. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMK Kartika XIX-3 Kota Cirebon. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap; Plan, Do, See dan Redesign. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Lesson Study dapat membantu peserta didik memahami konsep aturan sinus. Kata Kunci: Lesson study, Matematika, Aturan Sinus

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JNR

Publisher

Subject

Mathematics

Description

INTEGRAL: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai isu-isu pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang ...