Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol 6 No 1 (2023): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Learning Object untuk Mata Pelajaran Ekonomi

Nurul Nabilah (Universitas Negeri Jakarta)
Uwes Anis Chaeruman (Universitas Negeri Jakarta)
Diana Ariani (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Learning object Mata Pelajaran Ekonomi, dengan topik Keseimbangan Pasar dan Struktur Pasar untuk siswa kelas X SMA Labschool Jakarta. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah Model Rapid Prototyping oleh Tripp & Bichelmeyer. Evaluasi Learning object dilakukan melalui expert review dan one-to-one evaluation yang melibatkan 2 ahli materi, 1 ahli desain pembelajaran, 2 ahli media, dan 2 pengguna, yang diukur berdasarkan aspek penilaian pada Learning object Review Instrument (LORI) oleh John Nesbit. Nilai rata-rata yang diperoleh dari ahli materi sebesar 3,65 (sangat baik), ahli media 3,50 (sangat baik) dan ahli desain pembelajaran 3,70 (sangat baik). Hasil evaluasi pengguna dengan skala Guttman, memperoleh respon setuju dari 10 indikator. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut dinyatakan Learning object sudah layak untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan, serta tujuan pembelajaran. Hasil evaluasi oleh siswa sebagai pengguna, menyatakan bahwa Learning object memiliki tampilan yang menarik, inovatif, kreatif dan dapat digunakan oleh siswa. This development research aims to produce a Learning object for Economics Subject, with the topic of Market Balance and Structure for class X students of SMA Labschool Jakarta. The development procedure used is the Rapid Prototyping Model by Tripp & Bichelmeyer. Learning object evaluation was carried out through expert review and one-to-one evaluation involving 2 material experts, 1 learning design expert, 2 media experts, and 2 users, which were measured based on the assessment aspects of the Learning Object Review Instrument (LORI) by John Nesbit. The average value obtained from the material expert is 3.65, the media expert is 3.50 and the learning design expert is 3.70. The results of the user evaluation with the Guttman scale, obtained an agree response from 10 indicators. Based on the results of the evaluation, it was stated that the Learning object was feasible to be used according to the needs and learning objectives. The results of the evaluation by students as users, stated that the Learning object has an attractive, innovative, creative appearance and can be used by students.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...