RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

KAJIAN INTERDISIPLIONER: ETIKA BERILMU DALAM PERSPEKTIF GURU DAN MURID

Dian Silvia Rozza (Universitas Muhammadiyah Malang)
Abdul Haris (Universitas Muhammadiyah Malang)
Syamsul Rizal Yazid (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin pesat dipengaruhi oleh keberagaman kebutuhan manusia. Ilmu pengetahuan menjadi solusi untuk mengatasi tuntutan dan problematika kehidupan yang dialami tanpa melanggar nilai-nilai etis yang berlaku. Namun, perilaku menyimpang (social deviance) telah menyebar secara luas dan berdampak pada degradasi moral di lingkungan masyarakat. Dengan ini diperlukan solusi mendasar yang dilakukan untuk mengurangi krusialnya degradasi moral yaitu dengan pembelajaran tentang etika berilmu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana etika menuntut ilmu bagi murid dan guru dalam perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan. Adapun sumber data diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang berkaitan dengan keutamaan menuntut ilmu dan etika berilmu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa etika berilmu menjadi dasar bagi manusia agar mampu menangkal dampak buruk dari tidak terpenuhinya kebutuhan yang semakin kompleks. Seorang guru harus menanamkan kedalam dirinya bahwa mengajar semata-mata untuk mencari ridha Allah. Sedangkan murid ketika belajar harus menyucikan hati, mempelajari ilmu dari guru yang tepat, dan memuliakan guru 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...