Penelitian dilakukan untuk mengetahui kepemimpinan inovatif kepala sekolah di SMAN 106 Jakarta Timur. Penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi, dan trianggulasi. Instrument penelitian yaitu peneliti itu sendiri, dengan informan kepala sekolah. Berdasarkan hasil wawancara dan pengolahan data kualitatif, maka peneliti simpulkan bahwa kepemimpinan inovatif sudah diterapkan di SMAN 106 Jakarta Timur. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian dan tercermin dalam indikator kepemimpinan inovatif antara lain konstruktif, kreatif, delegatif, integratif, rasional, objektif, pragmatis, keteladanan, disiplin, adaptabledan fleksibel. Dalam menjalankan tugasnya kepala sekolah sudah melibatkan, memberdayakan, menciptakan ide-ide baru dan mencoba merangkul seluruh warga dan elemen yang ada di sekolah. Selain itu memberikan keteladanan dengan tindakan nyata dalam mengemban tugas dan kewajibannya sehari-hari di sekolah. Model pengelolaan pendidikan yang dijalankan yaitu kombinasi antara evolusioner dan revolusioner yang disesuaikan dengan konteks dan situasinya. Kepala sekolah juga telah mengimplementasikan kedua model tersebut dalam proses kegiatan belajar dan mengajar di sekolahÂ
Copyrights © 2023