Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu pengaruh penerapan media pembelajaran e-learning sebagai upaya peningkatan hasil belajar mata kuliah statistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model Completely Randomized Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 mahasiswa yang dibagi kedalam dua kelas penelitian. Kelas penelitian pertama melakukan akktifitas kuliah statistik menggunakan media youtube. Kelas penelitian kedua melakukan akktifitas kuliah statistik menggunakan media zoom. Analisis data menggunakan nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest pada setiap kelas penelitian dan membandingkan rata-rata hasil belajar menggunaan media yotube dan zoom. Data diperoleh dari responden dengan cara memberikan soal tes tulis (essay) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya baik pembelajaran sebelum menggunakan media e-learning (pretest) maupun pembelajaran setelah menggunakan e-learning (posttest). Hasil penelitian menunjukan 1) rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning youtube menunjukan perbedaan yang signifikan; 2) rata-rata hasil belajar mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning zoom menunjukan perbedaan yang signifikan; 3) rata-rata hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah statistik baik yang menggunakan media youtube maupun yang menggunakan media zoom tidak menunjukan perbedaan yang signifikan
Copyrights © 2023