RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

MODUL ELEKTRONIK BERBASIS HOTS PADA POKOK BAHASAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DAN PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Bahrudin Bahrudin (Unknown)
Maskhur Dwi Saputra (Universitas Indraprasta PGRI)
Fadjriah Hapsari (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Produk berupa modul elektronik berbasis HOTS pada Pokok Bahasan Sistem Informasi Akuntansi dan Persamaan Dasar Akuntansi yang layak sesuai penilaian ahli merupakan tujuan dari penelitian ini. Modul elektronik ini dibuat dengan melihat kondisi pembelajaran yang mengarah pada pembelajaran daring, sehingga peserta didik diharapkan dapat belajar secara mandiri. Penelitian ini berjenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Dessiminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Develop) bagian penilaian ahli. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyerahkan lembar validasi kepada ahli yang berisi komponen penilaian modul elektronik berbasis HOTS. Komponen isi modul dilihat dari aspek kelayakan isi memperoleh skor 88,3% (sangat layak), aspek penyajian memperoleh skor 84% (sangat layak), aspek kebahasaan memperoleh skor 96,6% (sangat layak), aspek grafis memperoleh skor 85% (sangat layak), dan aspek keterampilan HOTS memperoleh skor 40% (tidak layak). Namun salah satu ahli memberikan saran untuk menambahkan aktivitas peserta didik berupa pencatatan persamaan dasar akuntansi, sehingga peserta didik dapat berpikir sampai level mencipta (C6). Jadi secara keseluruhan bahwa penilaian modul elektronik berbasis HOTS memperoleh skor 83% dengan kategori sangat layak dapat dimanfaatkan oleh peserta didik untuk kegiatan pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...