RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

KONSEP PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MODEL PENDIDIKAN “RASULULLAH SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIK”

Hasmiza Hasmiza (Unknown)
Anasri Anasri (Universitas Muhammadiyah Malang)
M. Arif (Universitas Muhammadiyah Malang)
Abdul Haris (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep pendidikan Islam yang menguak model pendidikan yang ditunjukkan oleh Rasulullah baik itu strategi, metode, dan sikap yang terbaik sehingga beliau dapat dijadikan sebagai role model pendidik. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis narrative, dan metode penelitian ini adalah library research studi Pustaka, peneliti melakukan analisis terhadap berbagai sumber atau referensi seperti buku-buku, jurnal-jurnal atau topik-topik terkait guna untuk menelaah konsep pendidikan yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW. Dalam menganalisis data, peneliti mengggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Setelah peneliti mendapatkan referensi-referensi yang peneliti harapkan, peneliti akan menyimpulkan beberapa konsep yang digunakan oleh Rasulullah SAW baik itu strategi, metode, dan sikap yang ditunjukkan oleh Rasulullah SAW sebagai seorang pendidik manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rasulullah SAW sangat berhasil dalam mendidik dengan konsep pendidikan Islam dengan strategi, metode, dan sikap yang beliau tunjukkan, hal ini dapat dibuktikan dengan beberapa prestasi yang dicapai oleh para sahabat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...