Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan metode edutainment berbantuan animasi komputer. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain non randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Proposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X Mipa 5 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Mipa 6 sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Hasil tes menunjukkan bahwa nilai rerata tes awal (pretest) kelompok eksperimen 8,38 dengan standar deviasi 2,66 dan tes awal (pretest) kelompok kontrol yaitu 7,58 dengan standar deviasi 3,10. Dan nilai rerata tes akhir (posttest) kelompok eksperimen 14,38 dengan standar deviasi 3,10 dan tes akhir (posttest) kelompok kontrol yaitu 11,31 dengan standar deviasi 2,97. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh t_hitung=6,15 dan t_(0,975(68))=1,71 pada taraf nyata a=0,05. Ini berarti bahwa nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa melalui penggunaan metode edutainment berbantuan animasi komputer.
Copyrights © 2021