Societas : Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial
Vol 11 No 2 (2022): Societas: Jurnal Ilmu Administrasi dan Sosial

Manajemen Penyediaan Oksigen Selama Pandemi Covid-19

Indar Ismail Jamaluddin (Program Studi Adminstrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Phradiansah Phradiansah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)
Nursamsir Nursamsir (Program Studi Adminstrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sembilanbelas November Kolaka)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mengalami krisis oksigen medis saat pandemi Covid-19. Selain karena lambannya antisipasi pemerintah daerah, ada faktor manajerial dalam penyediaan oksigen medis tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam penyediaan oksigen selama pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Masalah dalam penelitian ini diurai dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada Juli-Agustus 2022 di Kendari. Informan berjumlah tujuh orang dan ditetapkan secara purpossive sampling, yaitu mewakili manajemen Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari, penyedia oksigen medis di Kendari, anggota DPRD Kota Kendari dan Ombudsman selaku pengawas layanan publik, serta informan yang berasal dari masyarakat. Observasi dan pemberitaan media massa melengkapi keterangan informan. Hasil penelitian menunjukkan jika penyediaan oksigen selama pandemi di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari telah dilaksanakan secara maksimal, walaupun masih terdapat beberapa catatan. Dari aspek perencanaan, terdapat Standar Prosedur Operasional (SPO) sebagai panduan. Dari aspek pengorganisasian, terdapat pembagian kerja yang proporsional, namun belum ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memungkinkan pekerjaan berlangsung efektif dan efisien. Pada aspek pengarahan, motivasi ditunjukkan pimpinan dalam bentuk keteladanan. Sedangkan aspek pengendalian, yaitu pengawasan dilakukan sekadarnya oleh direktur lantaran kepercayaan yang diberikan sepenuhnya kepada penanggung jawab penyedia oksigen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

societas

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

SOCIETAS:Jurnal Ilmu Administrasi Dan Sosial, menerima artikel hasil penelitian baik dari hasil penelitian lapangan dan hasil penelitian pustaka. Atikel diteriam dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris dengan fokus kajian manajemen pelayanan publik dan manajemen kebijakan publik. ...